Situs Bantuan untuk Kerjakan Tugas ala India

INDIA – Pengalaman dapat menjadi inspirasi untuk membuat inovasi. Hal ini terjadi pada seorang wanita asal India, Pooja Nath. Wanita berusia 30 tahun ini berhasil membuat situs yang membantu mahasiswa untuk mengerjakan tugas kuliah.
Semua bermula saat Nath kuliah Jurusan Teknik di kampus bergengsi, Indian Institute of Technology (IIT), Kanpur, India. Saat mengerjakan tugas, Nath merasa sangat terasing. Pasalnya, dia merupakan satu dari sedikit perempuan yang ada di kampus tersebut. Saat mengerjakan tugas di laboratorium komputer, teman laki-lakinya berkumpul bersama, sementara Nath bekerja sendiri.

“Saat itu tidak ada yang memiliki laptop dan tidak ada internet di kamar asrama. Jadi semua mahasiswa di kelas saya bekerja sama di laboratorium komputer. Mereka akan berkomunikasi satu dengan yang lain, sehingga mendapatkan bantuan lebih cepat,” jelas Nath mengenang masa lalunya, seperti dikutip dari Indian Express, Selasa (5/7/2011).

Pengalaman itu terus diingat Nath hingga kuliah pascasarjana di Stanford Graduate School of Business, Amerika Serikat pada 2009. Saat kuliah pascasarjana, wanita pertama di kampungnya yang kuliah teknik ini pun mulai membuat situs Piazza yang membantu mahasiswa mengerjakan tugas kuliah.

Mahasiswa yang menggunakan layanan situs ini bisa mengirimkan pertanyaan ke halaman utama. Kemudian rekan-rekan dan pendidik dapat meresponnya. Instruktur akan menjadi moderator diskusi, mendukung tanggapan terbaik dan melacak popularitas pertanyaan secara real time. Tanggapan terbaik akan diberikan kode berdasarkan warna, sehingga mahasiswa dapat mengidentifikasi komentar instruktur dengan mudah.

Meski ada beberapa situs dengan model sama, platform Piazza memiliki keistimewaan. Piazza khusus dirancang dengan respon yang cepat. Situs ini didukung oleh sistem pemberitahuan. Pertanyaan yang diajukan di Piazza rata-rata akan dijawab dalam waktu 14 menit.

“Seluruh ide Piazza berasal dari dinamika yang saya amati saat kuliah di IIT. Dari hal ini saya melihat sangat efektif jika mendapatkan bantuan langsung,” jelas Nath.

Piazza semakin populer berkat promosi dari mulut ke mulut. Awalnya, pengguna Piazza hanya tiga perguruan tinggi. Tahun lalu, berkembang menjadi lebih dari 330 perguruan tinggi. Kini, lebih dari setengah mahasiswa Stanford terdaftar sebagai pengguna layanan ini. Stanford merupakan kampus pertama yang menggunakan situs tersebut.

Sumber : Okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar