Indonesia-Prancis Sepakat Kerjasama Berantas Terorisme


Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu dengan Perdana Menteri Prancis Francois Fillon. Pertemuan yang berlangsung cukup hangat tersebut membahas berbagai kerjasama, termasuk penanggulangan teroris dan perompak.

Selain membahas kedua hal tersebut, berbagai kerjasama juga ditingkatkan termasuk pembicaraan mengenai ekonomi, penerbangan, wisata, pendidikan dan sebagainya.

"Kita ingin bekerjasama pemberantasan melawan terorisme, dan mengamankan jalur maritim dari pembajakan. Dimana Indonesia punya pengalaman yang besar yaitu keberhasilan dalam menyelamatkan Selat Malaka. Kita juga telah menyelamatkannya wilayah-wilayah di dunia," kata Francois Fillon dalam jumpa pers bersama dengan Presiden SBY di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat (1/7/2011).

"Kita juga melakukan kerjasama pertahanan penjaga perdamaian. Dimana Indonesia dan Prancis sudah lama kerjasama di wilayah tersebut. Kita juga kerjasama people to people contact," imbuh Francois.

Presiden SBY dalam kesempatan yang sama juga mengingatkan pentingnya kerjasama kedua belah pihak, termasuk di bidang militer. Dalam kerjasama militer, jual beli alutsista juga akan lebih ditingkatkan di tahun-tahun yang akan datang.

"Di bidang pertahanan, kami kerjasama di bidang militer termasuk saling kunjung perwira militer. Kami juga kerjasma di bidang alutsista apakah itu yang belum bisa dibikin oleh Indonesia," kata SBY.

"Kita juga kerjasama di bidang piece keeping mission. Indonesia sangat aktif dalam sumbangkan kontingennya untuk perdamaian. Kami sepakat untuk kerjasama transnasional seperti perompakan dan terorisme," papar SBY.

Sumber : Detik.com

0 komentar:

Posting Komentar